Ocekaye Experience & Journey

Apa Kabar Generasi Indonesia ??

Apa Kabar Generasi Indonesia ??

sang-merah-putih

 

apa kabar kalian para putra dan putri Indonesia ??

masihkah kalian bangga dengan bangsa ini ??

apa yang sudah kalian kerjakan di masa produktif ??

atau hanya kenyamanan, eksistensi tanpa kontribusi, tanpa aksi yang kalian agung-agungkan dan banggakan selama ini … apa merasa cukup sebagai putra putri harapan bangsa hanya sebatas aman berdiam diri menunggu keuntungan untuk diri sendiri ??

tau tidak, bahwa negara ini memiliki ‘potensi’ untuk menjadi negara adidaya dengan usia produktif yang semakin meningkat setiap tahunnya, dengan pencapaian yang istimewa pada 2045 mendatang

TAPI …

jika putra dan putri bangsa saja sampai sekarang masih dalam batas ‘nyaman’ dan sudah merasa cukup dengan pencapaiannya, terus siapa yang akan memperjuangkan dan memajukan bangsa ini, yang ada pada tahun 2045 mendatang hanya terdapat sampah-sampah yang berserakan karena masa produktifnya terbuang sia-sia.

jika menilik sejarah perjuangan pemuda Indonesia, sadarlah hidup kalian lebih mudah berjuang daripada pemuda pada masa jauh sebelum kemerdekaan yaitu 1920 an …Ucapan Hari Sumpah Pemuda 2015

Dengan luasnya wilayah Indonesia dan masih dalam belenggu panjajah banyak sekali organisasi masyarakat yang berbentuk organisasi maupun perkumpulan yang berdiri atas latar belakang budaya, agama, suku dan asal – usul yang kesannya memiliki landasan sendiri dalam memperjuangkan Harkat dan Martabat bangsa dari para penjajah.

Dan saat itu Perhimpunan Para Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari Seluruh Wilayah Indonesia. Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamiten Bond, Jong Ambon, beserta para pengamat dari pemuda tionghoa yakni Kwee Thiam Hong, menggelar Konggres ini di Tiga tempat yang berbeda untuk menyatukan pemikiran.

Kongres lebih dahulu di gelar tanggal 27 Oktober 1928 di Sabtu 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jingenlingen Bond (KJB), Waterlooplein. Dalam rapat kedua 28 Oktober 1928 di gedung Oost-Java Bioscop dan akhirnya rapat terakhir dilaksakakan di gedung Indonische Clubgebouw tercapailah Rumusan Yang saat ini disebut dengan SUMPAH PEMUDA.

Inilah Sejarah Singkat Dan Makna Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015 !,

Berikut ini isi dari Rumusan yang Kita Kenal dengan Sumpah Pemuda :

PERTAMA :

Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia.

(Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).

KEDOEA :

Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia.

(Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).

KETIGA :

Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.

(Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

 

semoga dengan sejarah singkat Sumpah Pemuda, para putra dan putri bangsa ini bisa segera sadar bahwa bangsa ini membutuhkan mereka untuk membawa bangsa ini menjadi disegani dengan bergerak dan berkontribusi mulai dari sekarang !!

 

Selamat Hari Sumpah Pemuda

28 Oktober 2015

 

ttd. Ocky Tri Gogik Sunarto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *